Sebelum era superhero cinematic universe , PANJI sudah memulainya lebih dulu

Ilustrasi : Serat PANJI dan Superhero Marvel

MajaSoka.com | Jika di dalam kebudayaan modern saat ini sedang dimanjakan dengan cerita-cerita dari MCU atau Marvel Cinematic Universe yang berisi kumpulan cerita berbasis serial tv , postingan digital komik dan game yang berkiblat dari cerita avengers yang jika digabungkan menjadi sebuah cerita maha besar.

Ternyata ratusan tahun yang lalu nenek moyang kita pernah menciptakan literatur yang sama , sekumpulan cerita yang terpencar yang jika ditarik menjadi satu cerita besar.
memiliki setting di jawa timur cerita epic ini berpusat pada Raden Inu Kertapati ( Panji asmara Bangun ) dan juga Putri Galuh Candra Kirana ( Dewi Sekartaji )

Ada beberapa dokumen yang tersebar ke dalam berbagai bahasa ( jawa , Bali , melayu ) , manuskrip dan cerita rakyat dan disadur dengan Bahasa setempat antara lain.

–  Serat Calon Arang
–  Serat Panji kuda waneng pati
–  Serat Panji Kuda narowangsa
–  Hikayat cekel waneng pati
–  Hikayat Mesa tandraman
–  Syair Ken Tambuhan
–  Cerita Keong Mas
–  Ande – Ande Lumut
–  Legenda Cuban Rondo

Singkat cerita , Literasi ini bercerita tentang kerajaan di era Airlangga yang harus di bagi menjadi 2 karena perebutan tahta menjadi kerajaan Kediri dan jenggala.
yang masing-masing dipimpin oleh Raja Samarawijaya dan  Mapanji garasakan.
Raja Samarawijaya memiliki putera bernama pangeran Inu kertapati yang kelak di kemudian hari kisah cintanya bersama galuh candra kirana terpecah menjadi beberapa epos seperti Keong Mas , Ande- ande Lumut dan juga Golek kencana.

Yang istimewa dari epos panji ini selain karena universenya yang cukup luas juga karena epos ini bisa dibilang adalah satu-satunya epos asli jawa yang terlepas dari cerita Mahabarata dan Ramayana yang kemudian popular menyebar ke negara-negara asia yang lainnya seperti Thailand , Malaysi, dan Kamboja.

pada tahun 2016 Balai Perpustakaan Indonesia mendaftarkan PANJI the stories menjadi Ingatan Kolektif Dunia di UNESCO.
dan pada tanggal 3-5 agustus tahun 2017 kemarin pementasan cerita PANJI ditampilkan di kota tua Jakarta di depan para delegasi ASEAN untuk memperingati 50 tahun ASEAN.

Nanti MajaSoka akan membahas ceritanya di beberapa postingan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar