R. Wiryawan, dari Freedy Mercuri Sampai Karawitan

Majasoka.com | Lahir dengan nama Lengkap Raden Wiryawan Suryakusuma ini tumbuh dengan music-musik barat seperti Queen, Richard Marc dan Freedy Mercuri namun seiring waktu berlalu dia mulai tertarik dengan music tradisi.

Puncaknya adalah pada saat dia kuliah dia mulai mengenal alat musik Karawitan. Rasa penasaran membuatnya belajar satu persatu mulai dari Kenong, Bonang Penerus, Saron dan lain-lain sampai ke teknik sinden.

Selepas kuliah dia mulai aktif kembali mendalami musik, namun nasib membawanya ke musik metal hingga turut serta membawa bandnya masuk kedalam Nominasi di AMI Anugrah music Indonesia.

Walaupun dia aktif di dalam music metal baik secara perform maupun melalui akun channel youtubenya, tetapi jiwanya masih haus akan pagelaran musik jawa.

Sambil sesekali berdiskusi tentang budaya dengan rekan-rekan setempat Wawan (Panggilan akrabnya) juga biasa hadir di acara-acara kampus yang bertema budaya.

Bagi dia potensi budaya jawa masih bertaji (walaupun masih belum terlalu terlihat) melalui event-event kampus terutama di kota Jogja, Solo dan Malang dan itu adalah pekerjaan rumah bagi kita semua bagaimana menyikapi hal ini agar kita tidak kehilangan jati diri sebuah bangsa.

Modern boleh, lupa asal jangan.

Dia mengutip kata-kata penulis yaitu #CultureIsEvolve.

Dia juga berharap agar anak-anak muda tidak lupa akan asal disamping itu para budayawan juga harus bisa update mengapresiasi perubahan jaman. (AswinDafry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar